siapakah orang-orang hebat disekitar kita


Sukses itu apa sih?  

Sukses itu adalah pencapaian akhir atau lebih tepatnya kepuasan mendapatkan sesuatu yang didapat dari hasil keringat sendiri, kurang lebih seperti itu.  

Manusia kan mahkluk Tuhan paling rakus, pasti selalu ingin mendapatkan hal yang lebih, lebih dan lebih?? Lalu arti sukses bagi manusia itu nggak benar dong??

Memang, manusia adalah mahkluk paling sempurna yang mempunyai indra lebih dari mahkluk manapun akan tetapi yang disebut sukses untuk manusia adalah mereka yang merasa berhasil di pencapaiannya secara sadar dan iklash kalaupun mereka nampak masih berusaha terus-menerus artinya dia mempunyai tujuan lebih, jangan katakan kalau dia rakus, kita wajarkan saja karena itu sifat dasar manusia, kalaupun itu memang tindakan yang tidak baik / rakus yang didapatkannya pun tidak akan sesuai dengan apa yang dia inginkan. 

Emang bisa, manusia bisa sukses dengan hasil keringatnya sendiri?

Tidaklah, manusia itu mahkluk sosial yang pasti dan wajib hidup berdampingan dengan orang lain entah itu orangtua, saudara, best friend/sahabat, musuh dan bahkan orang yang tidak dikenalnya. Secara sadar ataupun tidak sadar ada beberapa orang yang berperan penting dalam kesuksesan mereka, siapa sajakah mereka?

1. Ibu

Ibu adalah orang pertama yang biasanya dijadikan latar belakang kesuksesan, orangtua yang berhasil mendidik anaknya yang kemudian menjadi orang sukses. Karena peran Ibundalah yang menjadi dasar watak seorang anak dia menjadi apa kelak. Semua orangtua pasti berharap yang terbaik untuk anaknya karena keberhasilan dalam mendidik anak adalah sebuah kesuksesan sebagai orangtua. Lihat betapa bahagianya mereka ketika menikmati hari tua dengan penuh kepuasan tersendiri ketika melihat anak yang dulunya di peluk ketika menangis, di nasehati ketika bersalah dan diberi solusi ketika dapat masalah tumbuh menjadi pribadi yang bermanfaat bagi keluarga bahkan bagi bangsa. Begitu juga sebaliknya seorang anak akan merasa bangga ketika melihat senyum orangtua yang terlihat bahagia melihat anaknya menjadi pribadi yang baik. Itulah kenapa orangtua menjadi alasan utama menjadi motivasi utama untuk meraih kesuksesan/kepuasan pencapaian dunia dan akhirat. Kasih sayang orangtua tak ternilai dan menjadi kewajiban utama kita sebagai anak untuk membahagiakan beliau sebagai bentuk balas budi setelah apa yang diperjuangkan orangtua kita ketika ketika masih anak-anak sampai kita sesukses ini

2. Tanpa sahabat kita bisa apa?



"dia seperti tongkat ketika kaki mulai tak bisa menahan berat badan, dia seperti kompas ketika kita tersesat dan dia bagaikan pelangi ketika hujan mulai bosan menyirami alam"

Banyak yang menjabarkan apa itu arti sahabat dan penjabarannya pasti bernada baik karena yang disebut sahabat pastilah mereka yang selalu hadir disaat kita bahagia dan sedih. Lantas apa sih pengaruh sahabat dikesuksesan kita? Banyaklah, kehadirannya yang tidak perlu diminta ketika kita terhenti disuatu titik bosan sebuah masalah yang kita anggap "ini masalah terberatku" bak seperti malaikat yang memberi masukan-masukan yang membuat kita kembali tegar menghadapi segala hal bentuk masalah. Kadang sahabat tak selalu ada disamping kita, tak ada ketika kita membutuhkannya dan pada saat inilah kita diuji tentang penilaian atau kesetiaan tentang sahabat, sebagai manusia normal kita harus mewajarkan hal ini karena sahabat bukanlah dewa yang mempunyai kesempurnaan justru pada saat inilah kita harus benar-benar harus bisa mewajarkan, mungkin saja saat ini sahabat kita sedang membutuhkan kita dan sebaliknya kita harus berusaha selalu ada untuk sahabat ketika mereka membutuhkan kita sebagai pendorong atau memotivasi untuk mereka. Saling melengkapi & saling pengertian itulah jalinan seorang sahabat

3. Calon Pendamping hidup



"teruntuk pendamping hidupku, doaku selalu terucap untukmu demi tujuan muliaku menghalalkamu didepan orangtuaku dan orang tuamu, mengikatmu dengan janji mulia dan memimpinmu serta keturanmu"

Dibalik kesuksesan seorang laki-laki pasti ada sosok wanita hebat dibelakangnya....pasti nggak asingkan dengan kalimat tersebut? Harapan mulia untuk membina rumah tangga dengan wanita idaman adalah cita-cita semua pria dimuka bumi ini, ditemani sampai ajal menjemput dan di karuniai keturunan yang diasuh bersama-sama. Wanita yang dianggapnya pantas sebagai pendamping membuat kita termotivasi untuk sukses dalam segalanya dan tentunya dengan proses yang baik. Dengan tujuan yang baik pastilah Tuhan memberikan jalan yang baik pula dan memberikan ending yang bahagia.
Dialah seseorang setelah orangtua dan sahabat yang menjadi sandaran ketika kita tertekan dan dibantu dengan doanya, motivasinya melalui pesan singkat yang kadang membuat kita nampak tak berlogika. Didasari cinta kasih kita rela mengorbankan apa saja sebagai seseorang yang bertanggung jawab atas dasar nama cinta yang bukan sekedar terucap di lisan tapi tanggungjawab akan perkataan cinta demi masa depan yang cerah bersamanya. Saling menyebut namanya disela doa saling memberi masukan disela kesibukan dan saling pengertian ketika ego mulai meguasai.

4. Doa yang terucap secara tidak sengaja oleh orang lain


“air susu dibalas dengan air tuba” kenapa nggak dibalas dengan air zam zam saja? Coba bayangkan jika kita balas dengan air zam-zam apa yang terjadi? Nah, tanpa kita sadari tindakan-tindakan kita yang tidak sengaja kadang menjadi doa untuk kita contoh “luangkan sedikit hartamu untuk mereka yang membutuhkan” sekecil apapun perbuatan baik kita terhadap orang lain akan menjdai tabungan bagi kita sendiri, Tuhan maha mengetahui apapun yang kita lakukan. Mulailah belajar lebih peka terhadap semuanya karena itu bisa menjadi berkah untuk kita pribadi kepedulian kita terhadap sesama adalah bentuk hidup bersosial, berinteraksi dengan semuanya entah itu sesame manusia, hewan, tumbuhan & lingkungan. Sedikit doa yang sangat iklash terucap akan menjadi berkah besar yang membantu kita di perjalanan hidup.
“Kesuksesanku karena usaha & kerja kerasku sendiri, karena kemampuanku sendiri”. Ucapan ini memang benar adanya, sukses memang di dasari dari diri sendiri. Ketika kita mulai berpikir dan bertindak pastilah kita sudah punya tujuan / konsep dan karena tujuan dan konsep inilah yang disebut “Kesuksesanku karena usaha & kerja kerasku sendiri, karena kemampuanku sendiri” karena memang dasarnya dari kita sendiri dan kehadiran Orangtua, sahabat, pendamping hidup dan orang lain mereka menjadi motivator kita yang selalu berusaha ada disamping kita untuk mengulurkan tangan ketika kita terjatuh
Manusia adalah mahkluk sosial, mahkluk hidup yang tidak mampu menjalani kehidupan sendiri, walapun mempunyai segala hal! tanpa keberadaan mereka kita bukanlah siapa-siapa justru karena keberaadaan merekalah kita terpacu dan menjadi orang yang sukses dalam bidang apapun. Semua ini saling berkaitan ibarat kita sukses tanpa tujuan maka tidak pantas kita sebut itu sukses tapi tapi napsu pada dasarnya tujuan mulia pasti didasari niat yang baik serta didampingi proses yang halal. Mereka selalu ada untuk kita dan kita harus selalu berusaha ada untuk mereka sebagai orang yang menjadi alasan kenapa kita harus sukses entah dunia ataapun akhirat. Sukses tidaklah selalu tentang materi sukses itu bersifat iklash dengan pencapaian, tujuan ataupun cita-cita.

"Perlakukanlah beliau, mereka & dia secara pantas karena karena motivasi mereka kita bisa sukses,  terimakasih

versi asli dari artikel hipwee

Komentar

Postingan Populer