Anugerah Pesona Indonesia



Sebagai warga negara Indonesia tentunya paham seperti apa potensi keanekaragaman yang dimiliki Indonesia, kekayaan Indonesia dari hal manapun, apapun dan dimanapun. Tak bisa dipungkiri dan hal itu di akui dunia secara nyata seperti UNESCO yang merupakan organisasi internasional di bawah PPB menaungi segala hal yang berhubungan dengan pendidikan, sains, dan kebudayaan. Apa saja yang di akui dunia tentang (budaya) Indonesia? Ada beberapa yang sudah mendapatkan pengakuan UNESCO secara Internasional antara lain seperti Keris, Reog Ponorogo, Tari Pendet, batik dan lain-lain. Apa hanya budaya saja yang di akui??. Siapa bilang hanya budaya, Indonesia memang Negara dengan keanekaragaman suku, ras, agama dan budaya yang lengkap dan dari hal itulah Indonesia dikenal dunia namun disisi lain masih banyak kekayaan atau keanekaragaman Indonesia yang menjadi pelatuk peluru kepada mata dunia yang membuat dunia terkagum-kagum atas apa yang dimiliki Indonesia. Apa kita tak bangga akan hal itu? Indonesia itu kaya! Dengan kekayaan tersebut Indonesia memiliki potensi sebagai Negara maju, tolak ukur potensi tersebut di nilai dari potensi Sumber Daya Alam, Sumber daya Manusia dan sosial budaya.

 Sumbawa - https://www.instagram.com/backpackeren.official/

Anugerah pesona Indonesia, hal ini merupakan sebuah pemberian yang tiada tara yang diberikan oleh Sang Pencipta kepada warga Negara Indonesia dan semua pasti berharap yang terbaik dengan keanekaragaman tersebut. Merawat dan menjaga adalah tuntutan utama yang harus dilakukan setiap warga Indonesia agar kedepannya segala anugerah tersebut tak menghilang di telan waktu dan dapat dirasakan oleh generasi penerus sebagai sikap pengakuan keberadaan sebuah anugerah. Anugerah pesona Indonesia dibagi menjadi tiga antara lain sebagai berikut.

1. Alam Indonesia
a.      Hasil alam

“Bukan lautan tapi kolam susu, kayu dan batu dapat menghidupimu”
Tak asingkan dengan lirik lagu tersebut? Yap! Itu adalah salah satu lirik lagu karya anak bangsa yang menggambarkan betapa kayanya Indonesia dan lebih tepatnya menggambarkan kekayaan alam. Tak dipungkiri Indonesia dengan berbagai potensi hasil alam yang kaya seperti minyak bumi, batu bara, gas, hutan yang begitu luas serta sumber daya laut yang amat beragam. Taukah kamu bahwa sepertiga wilayah Indonesia adalah laut?Nah dari segi maritim saja mampu di bayangkan seperti apa luasnya? Besarkan? Pastilah!. Dengan luas perairan tersebut Indonesia memiliki garis sepanjang 81.900 km, luas bukan? Karena itulah alasan kenapa indonesia mempunyai hasil laut yang melimpah ruah dan sebagian besar penduduk pesisir pantai pasti berprofesi sebagai nelayan. Masih ingatkah kalian dengan lagu “nenekku seoranng pelaut”? hal itu sudah cukup menggambarkan betapa garangnya nenek moyang kita mengarungi laut indonesia dan bahkan menjelajah ke negeri sebrang menggunakan kapal tradisional yang melegenda yaitu Phinisi. Phinisi kembali membuktikan gagahnya pelaut Indonesia dan tak hanya itu kapal Phinisi tersebut merupakan asli rancangan dan buatan Indonesia yang melegenda lebih tepatnya berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar di Sulawesi Selatan

Phinisi - http://www.gocelebes.com/kapal-pinisi/

Paru-paru dunia?di dunia hanya ada 2 hlo! Taukah kalian bahwa salah satunya adalah Indonesia? Kalimantan, Kalimantan merupakan pulau terbesar ke-3 di dunia setelah Greenland dan Pulau Papua. Paru-paru dunia pertama adalah hutan amazon brasil dan yang kedua yaitu di Kalimantan yang memiliki luas yaitu sekitar 40,8 juta hektar. Hutan Kalimantan merupakan habitat alami hewan orang utan, bekantan, gajah borneo, badak borneo, landak, rusa, tapir dan beberapa spesies lain yang terancam punah. Kepunahan tersebut tak lain dan tak bukan akibat campur tangan manusia seperti pemburuan secara masal, hutan yang tergerus pembangunan dan mungkin bencana alam. Hal semacam ini harusnya menjadi perhatian penuh karena dari segi fungsi setiap hal yang ada di pulau Kalimantan selalu berkaitan, contoh hutan, hutan yang gundul karena pembalakan liar tentunya berakibat terhadap fauna dan bahkan bencana. Semua itu ulah segelintir manusia tak bertanggung jawab yang berakibat kepada semua manusia dan fauna setempat. Tak hanya kalimantan kepulauan pesisir pantai pun tak kalah dengan hasil lautnya, papua dengan hasil buminya, dan banyak lagi. Namun bumi semakin tua, semua yang diambil oleh manusia tak didampingi dengan perawatan atau peremajaan dan bahkan kepedulian sehingga alam berkata lain melalui bencana. Itulah alasan kenapa segala sumber daya alam perlu dijaga dan dilestarikan agar nantinya anak cucu kita dapat merasakan megahnya paru-paru dunia Indonesia, flora fauna Kalimantan Indonesia dan hidup dengan damai tanpa peperangan antara alam dan manusia.

b.      Pariwisata Indonesia

Pariwisata Indonesia, menarik bukan berbicara tentang hal ini? Nikmat Tuhan manakah yang kau dustakan? Dari sabang sampai merauketerbentang jajaran ribuan pulau yang menyimpan pesona pariwisata Indonesia. Dari pegunungan, kota, pantai dan pesona bawah laut semua ada di Indonesia.

Karimun - https://www.instagram.com/backpackeren.official/

Mulai dari Sumatera, apa sih ikon dari pulau Sumatera? Banyaklah, Sumatera merupakan pulau terbesar keenam di dunia, dan juga pulau tertinggi kelima di dunia. Sumatera atau yang dikenal bumi melayu atau Swarnabhumi (Pulau Emas) adalah pulau yang mempunyai 50 jenis etnis asli, menarik bukan? Jajaran pariwisata Sumatera meliputi 0 kilometer Indonesia (aceh), menara air (ikon kota medan), gunung sinabung, pulau samosir, jam gadang (Sumatera barat), Taman Nasional Kerinci Seblat (jambi), Gunung Dempo(Sumatera selatan), Kepulauan Bangka Belitung dan banyak lagi. Tak sampai disini saja masih ada jajaran pulau seperti jawa dengan beberapa taman nasional dan suaka margasatwanya serta keindahan laut seperti karimunjawa. Pulau jawa sendiri merupakan pulau terpadat Diindonesia, pulau dimana Ibukota negara berdiri kokoh yaitu jakarta. Kedua ujung pulau jawa terdapat taman nasional yang mengapit pulau jawa yaitu taman nasional Ujung Kulon dan Taman Nasional Baluran. Keunggulan budaya di pulau jawa bisa dikatakan terbagi menjadi dua yaitu antara Sunda (jawa Barat) dan Jawa (jawa tengah dan Jawa Timur) kedua budaya tersebut mempunyai keunggulan masing-masing walau rata-rata terdapat unsur kesamaan antar budaya seperti pada pengucapan bahasa serta pengartian. Di pulau jawa terdapat salah satu gunung Seven Summit Indonesia yaitu Gunung Semeru dengan puncaknya 3676 Mdpl.

 
Semeru – https://www.instagram.com/backpackeren.official/

Gunung semeru secara administratif termasuk dalam dua wilayah kabupaten yaitu lumajang dan malang. Dari semeru bergeser lebih ke timur terdapat salah satu pariwisata yang tak kalah menarik yaitu bromo dengan pasir berbisik yang sangat luas. Setelah puas dengan semeru dan bromo kembali kita dipertemukan dengan pegunungan yang lebih eksotis. Pegunungan Hyang atau Suaka Marga Satwa pegunungan Hyang. Nama yang lebih terkenal dari pegunungan Hyang adalah Argopuro yang mempunyai ketinggian 3088 Mdpl. Argopuro sendiri memliki keunikan tersendiri dari pada gunung lain di tanah Jawa dengan predikat gunung dengan trek terpanjang di tanah jawa serta mitos dewi Rengganis yang masih simpang siur keberadaannya namun secara visual memang terdapat beberapa bukti Arca dan bangunan peninggalan jaman dahulu.

Rengganis, Argopuro - https://www.instagram.com/backpackeren.official/

Mari kita berjalan lebih ketimur, dari pegunungan Hyang sampailah kita di penghujung pulau jawa yaitu banyuwangi, banyuwangi merupakan kota terujung dipulau jawa dan terdapat 3 destinasi istimewa yang pertama terletak di perbatasan banyuwangi dengan situbondo terdapat afrika Indonesia, taukah kalian apa itu afrika indonesia? Yap! Benar sekali Taman Nasional Baluran, dari julukannya pasti kalian sudah ada gambaran seperti apa Taman Nasional Baluran. Turun ke sisi selatan banyuwangi, terdapat pesisir yang menjadi destinasi para server dunia yaitu Green Bay, Pulau Merah (Red Island) dan Alas Purwo sedangkan sisi tengah banyuwangi terdapat pegunungan dengan kesistimewaannya, dimana hanya ada dua di dunia dan salah satunya di indonesia, Kawah Ijen dengan api birunya (bluefire).

 
Kawah Ijen - https://www.instagram.com/backpackeren.official/

Dari pulau jawa kita menyebrang ke pulau berikutnya yaitu Bali atau yang lebih akrab dengan sebutan Pulau Dewata. Bali menjadi destinasi utama para pelancong internasional, mungkin jika ditanya mengenai Indonesia salah satu yang diingat adalah Bali. Bali merupakan salah satu destinasi terlengkap di Indonesia yang terdiri dari budaya, pariwisata dan unsur sumber daya manusianya yang mendukung. Salah satu tarian yang menjadi primadona bali yaitu tari kecak, tari kecak merupakan tari tradisional yang mempunyai keunikan serta kemistikan dalam pertunjukannya dan jajaran pariwisata bali meliputi pantai kute, tanah lot, gunung agung, danau beratan bedugul dan beberapa purenya seperti besakih serta uluwatu.

 
Bali - https://www.instagram.com/backpackeren.official/

Dari bali kita berjalan menyusuri kepulauan ketimur lagi sampailah kita di NTB dan NTT yang kaya akan surga bawah laut dan kemegahan Rinjani, Tambora serta kelimutu yang berwarna. NTB terdiri dari dua pulau besar antara Lombok dan subawa walau sebenarnya masih banyak pulau-pulau kecil. Taukah kalian apa nama gunung tertinggi nomor dua di Indonesia?? Rinjani, Rinjani adalah gunung yang terletak di pulau lombok dengan ketinggian 3726 Mdpl
Rinjani - https://www.instagram.com/backpackeren.official/

Untuk melakukan pendakian di gunung Rinjani terdapat 3 pintu masuk pendakian yaitu sembalun, senaru dan torean. Iconic gunung rinjani tidak hanya predikatnya sebagai gunung tertinggi nomor 2 di indonesia namun ada pula segara anakan yang terletak di tengah-tengah gunung tersebut. Kalau sudah sampai lombok coba deh tanya, gili itu dimana? Gili? Di lombok ada banyak gili hlo, gili trawangan, gili meno, gili kondo dan lain-lain. Sebutan gili rata-rata menyuguhkan pariwisata pantai dan surga bawah laut, yap! Karena lombok tidak hanya rinjani.
Ada yang tak mengenal Sulawesi & Maluku?Ironis, surga sebesar itu tak kalian ketahui? Mungkin tidur kalian terlalu lama. Suku toraja adalah suku yang menetap di sulawesi selatan bagian utara dimana mayoritas beragama kristen. Sulawesi merupakan pulau terbesar ke empat yang sejajar dengan Kalimantan serta Maluku. Tana Toraja nggak asing dengan nama itu kan? Tana toraja memiliki kebudayaan yang khas dan menarik salah satunya ritual pemakaman, rumah adat tongkokan dan kerajinan kayu, pemakaman yang dilakukan selama berhari hari dan hanya dilakukan oleh kalangan bangsawan. Itulah yang mebuat toraja tersohor di dunia.
Selain toraja Sulawesi memiliki ikon kemaritiman yaitu bunaken dan wakatobi yang menyuguhkan surga bawah laut yang tak kalah dengan raja ampat serta karimunjawa. tentang Maluku, Maluku merupakan kepulauan tertua yang ada di Indonesia yangterkenal dengan nama Moluccas atau Molukken dan menjabat sebagai pulau penghasil intan. Destinasi Maluku rata-rata lebih ke pesisir namun bukan berarti pegunungan serta hutannya tak menyimpan surga bagi para penjelajah. Salah satu destinasi Maluku yaitu nusa Pombo dengan bawah lautnya yang indah, pantai liang, pantai natsepa dan banyak lagi.
Potensi pariwisata Indonesia selanjutnya adalah Papua, papua atau yang sering dijuluki mutiara hitam menyimpan anugerah indah yang bernama raja ampat, raja ampat merupakan gugusan pulau yang lebih menonjolkan pemandangan bawah laut yang aksotis namun bukan berarti pegunungannya tidak menarik, puncak Cartenz salah satunya, merupakan satu-satunya puncak yang bersalju di Indonesia, selain itu Cartenz adalah salah satu seven summit dunia. Yakin, ngetrip ke Negara tetangga? Indonesia itu indah hlo.
Semua kepulauan Indonesia menyimpan anugerah yang apik, pesona yang luar biasa untuk sekedar dikunjungi dan bahkan dikenali selain itu keberadaan hidden paradise masih terbuka lebar, semua itu karena Indonesia adalah Negara yang luas. Ingat, selalu jaga ekosistem dimanapun dan kapanpun janganlah membuat alam berbicara dengan kasar karena itu bahaya, selalu jaga kelestarian demi anak cucu kita selanjutnya


2. Suku, Ras, Agama dan Budaya
a.      Suku dan Ras

Bhineka Tunggal Ika berbeda-beda namun satu jua, Mengenai keanekaragaman, kita (Indonesia) terlampau kaya akan hal itu dari suku, ras, agama dan budaya.  Suku, Suku adalah golongan sosial yang menjadi pembeda antar golongan sosial lainnya serta ciri-ciri yang paling mendasar dan umum yang berkaitan dengan asal usul, tempat asal, serta kebudayaannya. Nah, kebayang nggak, ada berapa banyak suku yang ada di Indonesia? Kemudian ras, agama dan budaya?. Agama, agama di Indonesia hanya mengakui 5 kepercayaan walaupun pada dasarnya masih ada beberapa kepercayaan nenek moyang yang masih eksistensi melengkapi keanekaragaman di Indonesia. Animisme dan dinamisme 2 macam jenis kepercayaan yang masih menjadi tradisi leluhur dan dijaga sebagai kepercayaan dan budaya seperti beberapa budaya yang dijelaskan pada bagian Pariwisata Indonesia. Berjalannya waktu budaya semacam ini mulai terpinggirkan dimana teknologi yang berkembang yang membuat semua bentuk kebutuhan menjadi instan dan generasi penerus mulai terlena dengan kehidupan kebarat-baratan yang serba mudah dan liberal. Ketika budaya diakui negara lain banyak yang berontak tapi ketika budaya itu stuck? Kalian kemana wahai generasi? Semudah itukah kalian melupakan siapa diri kalian sebenarnya?. Mulailah akui identitas kalian secara jantan karena itu anugerah yang tiada tara. Kembali ke topik Suku dan Ras, Indonesia dengan kemajemukan suku bangsa yang kemudian disatukan dalam kesatuan Negara Indonesia yang menyebar dari sabang sampai merauke, berdasarkan Ras, Ras indonesia dibagi menjadi beberapa bagian dari kelompok ras Papua melanezoid, ras negroid, ras Weddoid dan ras Melayu. Nah, dari penjelasan tentang suku dan ras diatas, Indonesia menjadi slah satu Negara Kesatuan dengan perbedaan Suku dan Ras terbanyak di dunia dengan penjabaran pembeda meliputi bahasa daerah, susunan kekerabatan, sdst, sistem mata pencaharian dan kesenian daerah. Itulah Indonesia dengan segala perbedaannya tapi ingat jangan pernah menganggap bahwa sebuah perbedaan menjadi acuan perbandingan antar susku ataupun ras karena itu hanya memicu konflik lebih tepatnya Rasis dan sara.

b.      Macam macam budaya

Budaya, ada sedikit bahasan mengenai budaya pada bagian pariwisata Indonesia namun hanya sebagai tambahan semacam Toraja dan Bali. Kali ini kita akan kulik lebih dalam mengenai budaya Indonesia. Budaya Indonesia tak kalah menarik dengan Pariwisata Indonesia, karena apa?karena Budaya Indonesia itu banyak sekali dari tarian, Rumah adat dan bahkan lagu.
Taukah kalian tentang  kebudayaan nasional? Kebudayaan Nasional adalahkebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional. Definisi kebudayaan nasional menurut TAP MPR No.II tahun 1998, yakni:
Kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila adalah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa. Dengan demikian Pembangunan Nasional merupakan pembangunan yang berbudaya.Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Wujud, Arti dan Puncak-Puncak Kebudayaan Lama dan Asli bagi Masyarakat Pendukungnya, Semarang: P&K, 199 (sumber : Wikipedia Indonesia)
Nah, dari TAP MPR tersebut Kebudayaan menjadi sebuah kebiasaan yang diakui secara tertulis oleh Indonesia, tujuannya apa? Tentunya untuk kelangsungan hidup masyarakat indonesia lebih tepatnya Identitas Negara karena jika tak dilindungi secara hukum sebuah budaya bisa saja diakui negara lain seperti kasus-kasus pengakuan kebudayaan yang pernah terjadi di Indonesia sebelumnya. Dari kebudayaan nasional mari kita pecah lagi secara rinci ke kebudayaan daerah, Kebudayaan daerah tercermin dalam berbagai aspek di kehidupan masyarakat Indonesia karena di setiap bagian atau daerah Indonesia mempunyai ciri khas yang berbeda-beda, perbedaan kebudayaan sebagai berikut :

1)      Rumah adat

Dari pembagian daerah atau yang disebut provinsi yang berjumlah lebih dari 33 Indonesia mempunyai kurang lebih 45 jenis rumah Adat. Rumah adat menjadi identitas kebudayaan daerah karena setiap daerah mempunyai ciri khas rumah adat yang berbeda-beda. itu tidak sedikit ya? Semua jenis rumah tersebut terhitung dari sabang sampai merauke berjajaran menjadi pembeda antara satu daerah dengan daerah lainnya namun hal itu bukan berarti sebagai penghalang, justru karena berbeda itulah indonesia menjadi satu, seperti Bhinneka Tunggal Ika, walau kita semua berbeda-beda tapi tetap satu jua. Sebutlah kami dengan segala perbedaannya menjadi nusantara menjadi Indonesia
Dari beberapa jenis rumah adat ada beberapa yang sudah dikenal secara umum yang dikenal dari bentuk serta arsitekturnya antara lain seperti Gadang yang berasal dari tanah minang, Padang. Gadang mempunyai makna Besar dan rata-rata rumah gadang di tanah minang memang besar-besar kemudian ada pula Joglo, joglo berasal dari tanah Jawa dimana memiliki ciri khas beratap tinggi sehingga terasa sejuk didalamnya. Joglo memiliki beberapa ciri khusus seperti bahan bangunan yang terbuat dari kayu kuat seperti jati dan ruangan bagian depan joglo yang bernama pendopo, pendopo sendiri berfungsi sebagai ruangan berkumpul utama diamana ruangan tersebut berdiri hanya dengan kaki-kaki penompang atap serta tanpa dinding.

2)      Tarian

Tarian Indonesia tak jauh beda dengan Rumah adat, banyak jenisnya! Jika bali dengan kecaknya maka papua dengan Tari Perang. Berbicara mengenai Tarian, pernah suatu ketika saya menjumpai gelar seni tari daerah yang berlokasi di Surakarta jawa tengah, tarian tersebut menggambarkan sebuah sejarah lebih tepatnya cerita rakyat yang di gelar dengan diiringi alat musik yang bernama karawitan. Tarian tersebut menceritakan sebuah sejarah kolosal yang berasal dari jawa tengah pula lebih tepatnya berjudul “RORO JONGGRANG” tarian tersebut menceritakan tentang kisah cinta seorang pangeran kepada seorang putri yang berakhir sebuah kutukan pada putri tersebut akibat tipuan yang dilakukan putri itu dan yang membuat saya kagum adalah tarian tersebut tidak hanya menjadi menjadi daya tarik warga lokal saja namuan ada Bule yang tentunya dari luar negeri yang melihat langsung gelar tari tersebut sama seperti bali dengan tari kecaknya yang menjadi ikon bali untuk menarik wisatawan sekaligus melestarikan budaya tari indonesia.
Tarian Indonesia mencerminkan sebuah kekayaan dan keanekaragaman suku bangsa serta budaya Indonesia yang begitu banyak dimana jenisnya terhitung lebih  dari 700 suku bangsa. Hal ini dapat dilihat dari akar budaya bangsa Austronesia dan Melanesia. Budaya Indonesia sendiri tak lepas dari pengaruh berbagai budaya negeri tetangga dan bahkan pengaruh barat yang diserap melalui kolonialisasi antar suku dan ras. Di Indonesia terdapat lebih dari 3000 tarian asli Indonesiayang dilestarikan di berbagai sanggar dan sekolah seni tari yang dilindungi oleh pihak keraton atau yang di naungi oleh pemerintah.
Secara penggolongan tari indonesia di bagi dalam beberapa kategori, dilihat dari sejarah tari dibagi menjadi 3 yaitu dari era prasejarah, hindu-budha dan islam, kenapa begitu? Karena memang masa peralihan sejarah di Indonesia berawal dari prasejarah ke hindu-budha dan kemusian Islam. Tari prasejarah masuk dalam kategori awal karena prasejarah adalah masa pertama dimana manusia (rakyat Indonesia) mulai menjalani masa kehidupan secara sosial sebelum bersentuhan dengan segala hal aspek kehidupan asing yang berdatangan tentunya hal ini masuk dalam materi pelajaran sejarah indonesia. suku bangsa di kepulauan Indonesia sudah mengembangkan seni tarinya secara mandiri contoh seperti suku bangsa yang bertahan dari pengaruh luar dan memilih hidup sederhana di pedalaman, misalnya di Sumatera (Suku Batak, Nias, Mentawai), di Kalimantan (Suku Dayak, Punan, Iban), di Jawa (Suku Baduy), di Sulawesi (Suku Toraja, Suku Minahasa), di Kepulauan Maluku dan di Papua (Dani, Asmat, Amungme). Tari bercorak Hindu-Budha mulai diterima sejak masa peralihan mulai berkembang di Indonesia dengan berbagai ritual serta seni khas Hindu-Budha. Setelah Hindu-Budha masuklah Agama Islam yang bermula dari kepulauan Nusantara, pada saat tarian asli dan tarian dharma masih populer. Pada perkembangan era Agama Islam Seniman dan penari menggunakan gaya dari era sebelumnya hanya saja menganti kisah cerita yang lebih berpenafsiran Islam dan busana yang lebih tertutup sesuai ajaran Islam.

3)      Lagu daerah

Lagu daerah Indonesia biasanya berkaitan dengan bahasa dan musik adat, karena jika ada nyanyian daerah tanpa alat musik itu tak lengkap. Bahasa daerah, setiap daerah di indonesia mempunyai bahasa yang berbeda dan biasanya nama dari bahasa daerah tersebut sama dengan daerah tersebut, misal bahasa jawa bahasa yang berasal dari wilyah jawa kemudian sunda, sunda berasal dari daerah sunda walaupun sebenarnya sunda bisa dikatakan jawa barat namun tak semua orang jawa barat itu sunda. Bahasa daerah tak kalah banyak dari segala penjelasan keanekaragaman di indonesia yang dijelaskan diatas, bahasa juga cerminan keanekaragaman yang mempercantik sekaligus memberi warna pada Indonesia. Bahasa daerah merupakan salah satu pemersatu bangsa, tentunya hal itu bukan serta merta karena jumlah yang tak sedikit. Dari semua bahasa dapat kita simpulkan menjadi satu melalui Indonesia atau yang disebut dengan bahasa Nasional yaitu Bahasa Indonesia dan dengan bahasa indonesia itulah semua warga negara dapat bersosialisasi secara langsung antar daerah agar tiada roaming diantara kita. Alat musik daerah merupakan pelengkap dari lagu daerah, sama seperti bahasa, alat musik juga bermacam-macam dari yang bersifat pukul, petik, tiup dan sebagainya. Kedua hal ini merupakan perpaduan yang manis namun bukan berarti selalu dipadukan, alasan kenapa membicarakan alat musik karena tak lengkap jika lagu daerah tak berkaitan dengan alat musik.
Tau nggak, berapa sih jumlah lagu daerah indonesia? Ada ratusah hloh! Jumlah keseluruhan yang bersumber dari wikipedia adalah 222 lagu daerah yang terhimpun dari sabang sampai merauke. Banyak yak? Nah, dari keanekaragaman lagu daerah tentunya di imbangi pula alat musik daerah sebagai pelengkap, bisa dibayangkan dong, berapa jumlah alat musik daerah?. Itulah keanekaragaman tentang lagu daerah serta alat musik daerah, gimana? Indonesia itu kaya bukan? Tak hanya sumber daya alam dan sumber daya manusia saja dari segi budaya Indonesia penuh dengan keanekaragaman dan itulah wajah indonesia.
Gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo merupakan bentuk ungkapan yang menggambarkan nusantara Indonesia yang mempunyai berbagai keunggulan meliputi Sumber daya manusia, Sumber daya Alam serta suku, ras, agama dan budaya yang begitu banyak. Gemah ripah loh jinawi berarti (kekayaan alam yang berlimpah) sedangkan  toto tentrem karto raharjo(keadaan yang tenteram) tak dipungkiri Indonesia memang kaya dan itu anugerah Tuhan YME namun segala anugerah tersebut tak serta merta didampingi dengan rasa syukur yang mendalam (walau tak semuanya) masih ada beberapa oknum yang hanya memperdulikan ego dan tak bertanggung jawab akan anugerah tersebut sehingga lambat laun alam semakin terkikis tak menutup kemungkinan kelak anak cucu tak akan merasakan anugerah tersebut. Waktu terus berjalan dan bumi semakin tua lihat beberapa fakta tentang bencana yang semakin merajalela memberi peringatan dari alam kepada keturunan adam untuk memulai memperdulikan antar sesama agar nantinya semua umat dapat merasakan betapa megah dan eloknya nusantara Indonesia

Komentar

Postingan Populer